Proposal Warnet 1

PANDUAN SUKSES USAHA WARNET

(File BCA NET)

BEYOND CYBER ACCESS


Animo masyarakat terhadap Internet cukup besar. Tak jarang orang harus sabar antre di warnet untuk bisa memakai Internet dan mengirimkan e-mail. Warnet menjamur di mana-mana di Indonesia. Bahkan tak jarang dalam ruas jalan raya sepanjang satu kilometer di Surabaya atau pun Jakarta Anda bisa temukan dua sampai empat warnet .


Di negara-negara Asia Tenggara, warnet telah menjadi ajang investasi yang cukup menguntungkan. Fenomena yang terjadi di Thailand, misalnya, tak berbeda dengan di Indonesia. Harian The Nation menulis, masyarakat Thailand memiliki kesadaran yang tinggi mengenai besarnya fungsi Internet dalam komunikasi, tetapi tak semua orang di Negeri Gajah itu mampu memiliki komputer.


Namun membuka warnet bukan sekedar membeli beberapa perangkat komputer lalu menyediakan sejumlah kursi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendirikan warnet. Pendirian warnet tergantung pada seberapa banyak anggaran yang dimiliki pemilik warnet dan tujuan mendirikannya, serta bagaimana perilaku khusus konsumen di lokasi di mana warnet berada.


Biasanya membuat warnet yang seadanya tidak membutuhkan biaya besar. Cukup sediakan beberapa PC, dana untuk dekorasi ruangan, biaya listrik, dan biaya untuk membayar pegawai yang menjaga warnet. Kalau Anda bermaksud membuka warnet di pusat pertokoan tentu harus memiliki dana yang lebih besar karena harus menyewa lokasi di pertokoan tersebut. Dekorasinya juga biasanya lebih bagus dengan fasilitas yang cukup mewah.

Kalau warnet milik Anda berlokasi dekat dengan kampus atau sekolah, maka Anda harus selalu memperbarui versi games yang ada karena pelajar dan mahasiswa sangat suka bermain games.


Selain warnet seadanya yang mudah dijumpai di wilayah-wilayah pinggiran Jakarta ataupun di kota Surabaya, ada juga warnet yang menyediakan minuman dan makanan atau kue kecil. Itu berarti juga ada penambahan biaya untuk kulkas dan tenaga yang menyediakannya. Mungkin lebih baik jika hal itu diterapkan secara self service. Di Negara Maju misalnya, untuk mengambil minuman ringan, makanan, atau kue kecil, tak perlu pakai pelayan. Anda cukup mengambil barang yang Anda butuhkan lalu pergi ke kasir untuk membayar. Atau bisa juga menggunakan mesin otomatis, tinggal anda masukan coin/uang receh lalu pilih makanan/minuman yang anda suka pencet tombol dan keluar lah barang yang anda inginkan.

Bagi pengusaha warnet pelajarilah komputer, karena anda juga bisa menghemat kalau Anda, sebagai pemilik warnet, tahu cukup banyak mengenai seluk beluk komputer. Dengan demikian Anda tak perlu harus memanggil teknisi khusus setiap kali terjadi kerusakan pada komputer karena biaya teknisi tidak murah. Cukup sederhana, cobalah anda pergi ke toko buku. Sekarang banyak sekali buku mengenai komputer. Pelajarilah. Buku-buku itu bahkan mengajarkan bagaimana membuat program komputer sendiri secara instant. Atau lebih praktisnya lagi, coba anda browsing ke situs-situs komputer, disana akan lebih banyak lagi informasi teknis mengenai perbaikan dan troubleshooting masalah komputer.

Beranjak dari hal diatas Penulis mencoba membahas Pengetahuan lebih mendalam mengenai usaha warnet yang rata-rata telah mencapai BEP (Break Event Point). Keberhasilan itu sendiri bisa diukur dengan masih eksis perusahaan sampai saat ini. Bahkan ada kecenderungan jika memiliki modal atau investor baru, usaha ini akan terus dikembangkan sampai ke kota-kota lain.
Penulis berharap dengan disusunnya Data panduan ini bisa membantu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan pendirian usaha warnet dan atau game center.

Dalam Data ini membahas lengkap dari Awal dan akhir pendirian suatu warnet/game center, seperti

  • Pembahasan masalah Perijinan

  • Masalah Perpajakan

  • Masalah Pengontrolan Usaha

  • Masalah Laporan keuangan

Membuka pasar BISNIS WARNET

Warnet, warung internet, mungkin mulai populer sejak tahun 2000-an Tahun-tahun sebelumnya memang sudah ada, tapi jarang sekali bisa dijumpai. Saat ini karena internet berkembang pesat, maka pengusaha kecil, menengah maupun besar melihat peluang pasar dengan mendirikan warung internet.

Pengertian Warung Internet (Warnet)

Mungkin tidak jelas siapa penyelenggara WARNET pertama kali di Indonesia. Tampaknya aktifitas pembuatan WARNET mulai sekitar tahun 1996-1998. Wasantara dari PT. POS Indonesia dan POINTER yang merupakan spin-off dari CNRG ITG merupakan segelintir pionir WARNET di Indonesia. POINTER bahkan sempat berexperimen dengan VW Combi untuk WARNET keliling.

Istilah Warnet

Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang diantara para aktifis Internet Indonesia di tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagi pengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari Warung Internet antara WARIN dan WARNET. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti WARTEG (Warung Tegal) dan WARTEL (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya di pilih adalah WARIN.

Karena Internet, .NET, menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan Internet, maka kebanyakan rekan-rekan di masa itu lebih memilih istilah WARNET daripada WARIN. Oleh karena itu tidak heran hingga saat ini WARNET diadopsi oleh masyarakat Indonesia.
Mailing List Asosiasi-Warnet@yahoogroups.com

Awalnya, semua aktifitas dilakukan di mailing list asosiasi-warnet@itb.ac.id di server ITB. Dengan pertimbangan bandwidth ITB yang terbatas ke Internet, pada tanggal 14 April 2000, diskusi rekan-rekan WARNET pindah ke asosiasi-warnet@egroups.com yang kemudian menjadi asosiasi-warnet@yahoogroups.com

Asosiasi Warnet Indonesia

Pada tanggal 25 Mei 2000 merupakan hari bersejarah bagi rekan-rekan w:WARNETkarena telah lahir Asosiasi Warnet Indonesia yang ada secara fisik dalam pertemuan di kantor w:DIKMENJUR. Dalam sebuah rapat untuk melihat kemungkinan kerjasama antara rekan-rekan WARNET dengan SMK, yang di pimpin oleh DR. Gatot HP Direktur Menengah Kejuruan DIKNAS pada saat itu. Asosiasi WARNET Indonesia kemudian di kenal sebagai AWARI.

Ketua Asosiasi Warnet pertama adalah rekan Rudy Rusdiah, Bendahara rekan Adlinsyah dan Sekretaris Abdullah Koro. Tampaknya aktifias ketua AWARI waktu itu dirasakan tidak terlalu transparan kepada teman-teman WARNET. Di akhir 2001, di lakukan pertemuan rekan-rekan aktifis WARNET yang berakhir dengan di gantinya pengurus lama dengan presidium AWARI yang dipimpin oleh Judith MS, Michael Sunggiardi dan Abdullah Koro.

Analisa Prospek Warnet

Jika dipelajari lebih jauh, munculnya warnet di Indonesia disebabkan dua faktor:

  1. Terbatas dan mahalnya akses internet

  2. PC sebagai alat akses utama internet juga masih terhitung mahal bagi mayoritas penduduk di Indonesia.

Melihat kenyataan itu, maka bermunculan warnet-warnet yang memberikan solusi kepada kebutuhan akses internet yang terjangkau. Kedua faktor inilah yang sebenarnya harus diperhatikan oleh pebisnis warnet dalam melihat prospek usaha warnet.

Pertanyaan berikutnya adalah: apakah akses internet dan pc saat ini sudah terhitung murah? Untuk Indonesia yang (sangat) luas ini, maka jawabannya bisa ya bisa tidak. Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar (ex: Surabaya) harga berlangganan internet sudah sampai pada harga Rp 99.000/bulan/384Kbps/unlimited akses. Namun bagi mereka yang berada di ujung Papua sana bisa senilai 3 juta rupiah untuk 64kbps via VSAT.

Sehingga kesimpulan akhirnya adalah: harga akses internet belum terhitung murah untuk seluruh daerah di Indonesia.

Bagaimana dengan PC? Ini pun masih bisa menjadi perdebatan panjang. Namun harga PC masih berkutat di atas Rp2,5 juta yang menurut saya masih cukup mahal untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Melihat dari jumlah kepemilikan PC dibanding jumlah penduduk pun terlihat jelas kenyataan ini. Kesimpulannya: PC juga belum terhitung murah bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Apakah ini berarti bisnis warnet masih prospek? Untuk menjawab ini, mari kita lihat lagi beberapa faktor yang bisa berpengaruh pada warnet:

  • Mulai tersedianya akses Free Wifi/hotspot dimana-mana

  • Penyediaan akses internet di Kampus

  • Penyediaan akses internet di Kantor-kantor

  • Mulai beroperasinya Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasional)

Faktor-faktor di atas jika dilihat secara pesimistis bisa dianggap sebagai faktor yang akan menurunkan prospek bisnis warnet. Tapi bagi mereka yang optimis, hal-hal di atas justru memperkuat keberadaan prospek warnet sebagai bisnis. Mereka yang optimis ini menyadari keterbatasan dari akses internet di free wifi, kantor, kampus maupun sekolah (jardiknas) sehingga keterbatasan tersebut bisa dijadikan warnet sebagai daya tarik tersendiri agar pengakses tetap memilih warnet sebagai tempat akses internet. Berita di detikinet tentang ratusan hotspot yang ternyata tidak mampu memikat pengguna bisa menjadi acuan. Walau gratis, hotspot, akses di kantor, Kampus dan sekolah toh tidak bisa digunakan setiap saat, hanya pada jam tertentu saja.

Kembali ke warnet; bagaimana jadinya prospek bisnis warnet ini? Saya melihat musuh utama Warnet adalah dirinya sendiri. Kurangnya visi dalam mengelola bisnis dan terjebak kepada asumsi-asumsi dan akhirnya terjebak ke lemahnya daya saing yang berujung ke bangkrut/tutupnya warnet. Lemahnya visi bisa dilihat dari tidak berubahnya model bisnis warnet dari tahun ke tahun. Sejak mulai kita mengenal warnet hingga sekarang, model bisnisnya tidak lebih dari menjual kembali/reseller akses internet.

Dari sisi pelayanan pun tidak berubah, bahkan cenderung statis. Ini tentu kontras dengan kenyataan bahwa internet sendiri adalah tempat dimana individu-individu saling terhubung, berinteraksi, berkolaborasi dan menghasilkan sesuatu layanan yang sulit dikerjakan secara individualistis. Kata “net” yang berarti jaringan tidak dihayati oleh warnet-warnet, mereka asik dengan keterkungkungan di tempat mereka (secara tidak sadar) justru terhubung dengan mudahnya.

Prospek atau tidak warnet bukanlah dari bisnis warnet itu sendiri, tapi bagaimana mengelola dan membawa bisnis itu menjadi sebuah layanan yang tetap dibutuhkan masyarakat. Inilah yang kurang digali oleh warnet-warnet. Sekali warnet mampu memberikan layanan (berbasis IP) yang bagus dan dibutuhkan oleh masyarakat maka prospek bisnis pun akan cerah.

Cuma syaratnya adalah: terhubung, interaksi, dan kolaborasi. Bukan berjalan secara individual.

Rencana Bisnis

Data ini berisikan 100 halaman lebih dalam format PDF, beberapa hal penting yang tercakup pada Data ini adalah sebagai berikut :

  • Teori dasar mengenai Internet

  • Perijinan mendirikan warnet

  • Tips menentukan nama dan logo perusahaan

  • Tips memilih ISP yang baik

  • Tips perekrutan karyawan

  • Tips menentukan lokasi usaha

  • Daftar hardware dan software client yang dibutuhkan

  • Memilih Program Billing yang terbaik

  • Anggaran biaya yang dibutuhkan

  • Cara membuat Laporan dan mengontrol Keuangan

  • Membuat Standard Operating Procedure dan Job Description

  • Bagaimana mengatur keuangan usaha warnet

  • Aspek menentukan harga dan promosi warnet

  • Kode etik Warnet

Format-format laporan dalam bentuk Excel (tinggal di edit ulang)

  • Contoh Perhitungan Modal Awal Usaha Warnet

  • Billing sederhana dari Ms. Excel

  • Contoh Form Stock Penjualan

  • Contoh Form untuk Teknisi

  • Contoh Pengaturan Jadwal Kerja Karyawan

  • Contoh Form Laporan Shift & Laporan Harian

  • Contoh Laporan Keuangan Bulanan, Cashflow, Rugi Laba dan Perhitungan Accupancy

  • Contoh Desain Penomoran Komputer Client

  • Contoh Formulir Pandaftaran Member

  • Contoh Brosur Produk Pelatihan

  • Contoh Brosur/Pamplet Warnet

  • Contoh Sturktur Organisasi Warnet

dan banyak lagi lainnya informasi yang bisa diambil dari ebook ini.


Bagaimana cara untuk memperoleh Data ini, silahkan klik Link Order diatas, dan anda diharapkan mentransfer sebesar 5 US$ melalui e-gold. atau anda dapat juga mentransfer melalui Bank BCA atau Bank Mandiri sejumlah Rp.50.000,-.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi ke email : thesecret@telkom.net.This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it


Legalitas warnet

Legalitas warnet secara umum dapat dibagi dua yaitu:

  1. Legalitas Usaha

  2. Legalitas Perangkat Lunak

Legalitas Usaha

Dalam menjalankan usaha, Warnet perlu mentaati berbagai peraturan perundangan. Setiap orang atau badan hukum wajib untuk melengkapi perizinan, kewajiban pajak serta retribusi.

Jenis, ragam dan besar biaya mengurus izin, berbeda dari satu tempat ketempat lain. Seirama tuntutan Reformasi, Otonomi Daerah dan Desentralisasi, masing-masing daerah berwenang menentukan sumber pendapatan asli daerah. Bahkan, dalam prosedur pengajuan, tidak jarang diperlukan rekomendasi dari berbagai instansi teknis yang berbeda. Rekomendasipun bukan hal sederhana dan segera dapat diperoleh. Sama seperti perizinan, rekomendasi memerlukan waktu dan tenaga untuk mengurusnya.

Seperti halnya bidang usaha lainnya contoh:Biro Perjalanan Wisata, Warung Tegal atau Kios di Pasar, harus memiliki izin sebelum menjalankan usaha, maka mendirikan Warnet juga tidak terkecualikan. Adapun jenis perizinan dan syarat perolehannya dapat dikategorikan:



No

Tingkatan

Perizinan

Syarat

1

Pribadi/Perorangan

KTP

Kartu Keluarga

2

Tanah

Hak milik/penguasaan atas tanah

Patok/Girik

3

Bangunan

Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Sertifikat Tanah

4

Gangguan

Hinder Ordonantie (HO)

Persetujuan tetangga

5

Badan Hukum

CV/PT/NV/Koperasi

Akta pendirian Notaris/Kantor Koperasi

6

Tempat usaha

Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Rekomendasi Dinas teknis

7

Usaha perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan/Perusahaan (SIUPP)

Rekomendasi Dinas teknis

8

Usaha hiburan

Surat Izin Keramaian


9

Peralatan teknologi

Standar teknis

Balai Monitoring

10

Perangkat lunak

Lisensi

OEM

Dilapangan dapat ditemukan sebuah prosedur pengecekan untuk mengetahui fakta sebenarnya. Dalam proses pengajuan perizinan, instansi teknis berwenang untuk menguji kebenaran data dan informasi yang disampaikan pemohon secara tertulis. Disuatu daerah, pengujian materil dilakukan oleh Tim Kecil (dua Orang) atau Tim Besar (hingga tujuh orang), tergantung dari tingkat keraguan akan keabsahan data. Walau disebutkan biaya operasional Tim disediakan instansi, namun masih tidak menutup kemungkinan, bahwa praktek upeti, uang tip atau lelah menjadi kelaziman guna melancarkan penyelesaian.

Diakui, di daerah tertentu, biaya mengurus perizinan berbeda, dan cenderung tidak transparan atau tumpang tindih. Akibat prosedur yang berbelit, terbuka peluang penyalahgunaan kekuasaan, sehingga berakibat ekonomi biaya tinggi. Terkait dengan upaya efisiensi layanan publik, dalam forum Workshop Data base Wartel Warnet di Kalimantan Barat, Walikota Pontianak menyampaikan ide memangkas prosedur izin, serta menyederhanakannya. Khusus bagi Warnet dengan hak keutamaan Walikota, maka dapat diterbitkan izin usaha khusus (freiz ermessen verdict) hanya berbekal persyaratan melengkapi Surat Kontrak/ Keterangan Sewa. Prosedurnya tidak melalui jalur biasa, delegasi wewenang kepada pejabat instansi teknis, sebagaimana diatur Prosedur Operasional Standar, tetapi langsung oleh Walikota. Status syarat Surat Kontrak/ Keterangan Sewa sebagai pengganti Sertifikat Hak atas Gedung/ Bangunan.

Sebagai kegiatan usaha yang resmi diakui keberadaannya, maka untuk menjalankan usaha Warnet perlu mengindahkan berbagai ketentuan peraturan perundangan yang ada. Merupakan kewajiban setiap orang atau badan hukum untuk melengkapi persyaratan administrasi dan teknis yang berkaitan dengan perizinan, kewajiban pajak serta retribusi daerah dan lainnya
Sama seperti sebuah usaha ekonomis lainnya semisal Biro perjalanan Wisata, Warung Tegal atau Kios di Pasar, maka sebuah Warnet memerlukan izin dan memenuhi berbagai ketentuan peraturan hukum yang wajib dimiliki. Beberapa diantaranya adalah:

  • Ijin RT dan RW

  • NPWP pribadi / NPWP perusahaan (Dirjen Pajak).

  • Surat Domisili Usaha (Kecamatan).

  • Surat TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

  • Surat Ijin Usaha Perdagangan dan Perusahaan / SIUPP.

  • Surat Ijin Gangguan Lingkungan / HO (Kepolisian).

  • Surat Ijin Hiburan & Keramaian

  • Surat Ijin Jasa Internet dari Dinas Perhubungan.

Jenis, ragam dan besarnya biaya untuk mengurus ijin tersebut bervariasi, dan berbeda dari satu tempat dengan tempat lain. Hal ini sesuai dengan tuntutan Reformasi dan Desentralisasi, dimana masing-masing daerah berwenang menentukan sesuai dengan landasan hukum yang ditetapkan oleh kepala daerah setempat.

Penulis sarankan untuk warnet dengan lokasi di dalam gang atau jalan kecil, tidak perlu memenuhi surat ijin seperti tersebut diatas, apalagi kalau warnet yang dikelola kecil berkisar 10-15 komputer. Tapi kalau posisinya berada di pinggir jalan raya dan pusat keramaian, surat ijin tersebut mutlak diperlukan, kecuali anda mau berepot-repot menghadapi petugas yang datang minta jatah.

Perpajakan

Selain kewajiban perizinan, pengusaha Warnet juga wajib membayar pajak, retribusi dan iuran daerah. Retribusi listrik, kebersihan, keamanan dan bahkan iuran RT/RW adalah hal lain yang harus ditunaikan pula. Apabila pengelola berharap dapat menjalankan bisnis dengan tertib dan aman, maka harus melaksanakan kewajiban, seperti memiliki:

  • NPWP pribadi / NPWP perusahaan (Dirjen Pajak).

  • Pengisian SPT untuk membayar Ppn/Pph.

Rincian

Warnet berdasarkan tempat duduk

a. Duduk standard. Disediakan bagi pelanggan dengan mobilitas tinggi dengan kursi yang nyaman.

b. Duduk lesehan.Lebih praktis, karena tidak memerlukan kursi hanya bantal-bantal lesehan. Disediakan bagi pelanggan yang santai, dan biasanya dengan pemakaian yang lama. Karena mereka harus membuka sepatu terlebih dahulu.

c. VVIP. Dilengkapi dengan: Webcam, Ruang AC, Headset, CD Writer, TV dan lain-lain

Warnet Berdasarkan Class

a. Standard. Merupakan layanan dengan fasilitas standard untuk browsing, chating dan email.

b. VIP.Dilengkapi dengan: Webcam, Ruang AC, Headset, dll

Software Internet

Internet Browser

  • Internet Explorer

  • Mozilla firefox

  • Opera

  • Netscape Communicator

Chat 'n Date

  • Mirc

  • Yahoo Massenger

  • MSN Massenger

  • Icq

  • Skype

Target Pasar

Umumnya warnet paling banyak terdapat/tersebar terutama di kota-kota besar (ibukota propinsi, kabupaten, dan di kota-kota kecil sebagai penyedia jasa untuk melayani kebutuhan masyarakat di daerah tersebut dalam mengakses informasi. Kebanyakan warnet tersebar di dekat tempat pendidikan seperti Universitas atau SMA. Warnet juga banyak terdapat di tempat-tempat umum dimana orang bersosialisasi seperti Mal, town square, dan sejenisnya. Namun beberapa dari tempat ini atau kafe-kafe tertentu ditempat ini memberikan jasa internet berupa koneksi Wifi (hotspot) yang biasanya gratis karena sudah satu paket dengan biaya yang kita keluarkan saat minum atau makan. Biasanya pengunjung akan mendapat akun untuk memakai internet. Penyebaran warnet di Indonesia pernah dipresentasikan[1] dalam lokakarya [1] di Mexico City, 16-19 November 2004 sebagai persiapan data ICT readiness di negara berkembang pada tahun [2]


Warnet banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa, pelajar, profesional dan wisatawan asing.


Warnet digunakan untuk bermacam-macam tujuan, bagi pelajar, dan mahasiswa warnet banyak digunakan untuk:

  • Mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah

  • Melakukan riset

  • Menulis skripsi

Bagi masyarakat umum warnet digunakan untuk:

  • Memeriksa kiriman surat-e terbaru

  • Melamar pekerjaan

  • Bersosialisasi dan berkomunikasi (chatting) dan lain sebagainya.

Media Promo Warnet : Prosur, media cetak, komunikasi, radio

Harga Jual : Per jam

Pemilihan Lokasi : Strategis

Modal : Owner

Spesifikasi Komputer : Hardware / Software untuk warnet

Game Online : Terlampir


Etik Warnet

Dokumen ini adalah panduan bagi praktisi Warnet untuk melaksanakan komitmen etika yang mengikat secara moral dalam praktik penyelenggaraan usaha jasa Warung Internet Indonesia.

1. Aspek Kenyamanan Tempat Usaha dan Perlindungan Tamu

  1. Menghindari tempat usaha yang berpotensi tinggi menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan rawan ancaman bencana alam

  2. Memiliki sirkulasi udara yang cukup dan stabil, tidak terlalu lembap atau terlalu kering sehingga sehat dan nyaman bagi pengelola dan tamu

  3. Memiliki pintu keluar-masuk yang cukup dan atau pintu darurat untuk antisipasi kebakaran serta memiliki perangkat pengaman kebakaran yang memadai

  4. Memiliki area bebas rokok yang terpisah dengan area perokok

  5. Area perokok difasilitasi dengan peralatan sirkulasi udara yang proporsional

  6. Memiliki kamar kecil, saluran pembuangan limbah dan ketersediaan air bersih dalam jumlah yang memadai dan senantiasa terjaga kebersihannya

  7. Menggunakan sekat pembatas / bilik komputer yang wajar, tidak terlalu tinggi dan atau sebagian besar tertutup untuk memudahkan pengawasan dan mencegah terjadinya penyelewengan fungsi

  8. Melakukan perawatan berkala dan pembersihan perangkat AC dan karpet untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan

  9. Memiliki penerangan yang memadai dan nyaman untuk mendukung aktivitas di lingkungan Warnet.

2. Aspek Tanggung Jawab Sosial Pemilik Modal

  1. Selain aspek ekonomi, pemilik modal memiliki tanggung jawab untuk mengkaji secara mendalam implikasi sosial pada masyarakat sekitar tempat usaha warnet

  2. Menyesuaikan daya beli masyarakat dan memberikan kemudahan akses secara inklusif kepada seluruh strata sosial dan jenis komunitas di lingkungannya

  3. Ikut mendorong peningkatan literasi masyarakat di lingkungan sekitarnya tentang pemanfaatan Internet yang tepat guna dan bertanggung jawab

  4. Melakukan antisipasi dampak sosial yang mungkin terjadi akibat penggunaan Internet di Warnet secara proaktif

  5. Melakukan upaya pencegahan eksploitasi akses Internet yang bertentangan dengan norma sosial, agama dan hukum

  6. Memberikan edukasi dan arahan kepada tamu usia belia dan di bawah umur agar tidak melakukan pemborosan dengan melakukan aktifitas Internet yang kurang bermanfaat

  7. Menciptakan lingkungan usaha yang nyaman bagi karyawan dan memberikan hak-hak karyawan dan fasilitas kerja yang memadai sesuai kelaziman, norma dan peraturan perundangan yang berlaku

  8. Memberi fasilitas dan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan diri dan menambah pengetahuan dan keterampilannya

  9. Mempelajari dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh aspek bisnis, strategis dan manajemen sehingga mampu terus menghasilkan inovasi layanan dan meningkatkan nilai tambah bisnis dan manfaat Warnet bagi lingkungan sekitarnya

  10. Menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak yang layak dan legal

  11. Melengkapi legalitas usaha dan menuaikan kewajiban perpajakan


3. Aspek Tanggung Jawab Sosial Pengelola Manajemen



1. Menyusun program promosi dan marketing yang bersifat simpatik, edukatif dan positif untuk meningkatkan penetrasi pasar sekaligus membangun apresiasi terhadap Warnet dari lingkungan masyarakat sekitar

2.Memasang himbauan berupa pamflet atau brosur kepada tamu Warnet untuk tidak melakukan tindakan negatif dengan memanfaatkan fasilitas Warnet
3.Menyusun prosedur pengamanan fisik fasilitas Warnet dan mengupayakan asuransi
4.Melakukan inventarisasi fasilitas Warnet dan melakukan pencatatan yang akurat
5.Menyusun standar operasi yang dapat menjamin kenyamanan dan keamanan pelayanan serta melindungi kepentingan tamu.


4. Aspek Tanggung Jawab Sosial Teknisi dan Operator Warnet

  1. Memastikan kualitas layanan fasilitas Warnet agar selalu dalam performa terbaik

  2. Memberikan pelayanan yang ramah dan bantuan kepada tamu termasuk memberikan bimbingan, arahan, tips dan informasi positif yang dibutuhkan tamu untuk dapat memanfaatkan fasilitas Warnet secara optimal dan efisien

  3. Tidak memberikan informasi negatif yang dapat mendorong tamu untuk mencoba dan memanfaatkan fasilitas Warnet untuk tujuan yang tidak wajar

  4. Mampu memfungsikan dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada perangkat lunak standar yang digunakan Warnet

  5. Bersikap tegas kepada tamu agar tidak melakukan aktifitas negatif memanfaatkan fasilitas Warnet

  6. Meminta dan mencatat identitas tamu termasuk waktu masuk dan keluar serta terminal yang digunakan

  7. Senantiasa bersikap waspada terhadap kondisi lingkungan dan perilaku tamu untuk mengantisipasi maksud jahat pelaku tindak pidana.


PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan internet dan game online yang sekarang pasarnya mencakup mulai pebisnis hingga siswa SD maka diperlukan fasilitas yang cukup memadai di dalam mengikuti perkembangan jaman ini.

Seperti kita ketahui internet dan game online merupakan sesuatu yang akan menjadi kebutuhan pokok di masa yang akan datang, bukan hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan akan informasi dan ajang penyaluran hobi, sekarang ini dunia internet dan game online merupakan salah satu tempat untuk penyaluran aktualisasi diri, sedikit demi sedikit tanpa dapat dipungkiri bentuk sosialisasi dikalangan masyarakat, anak muda khusunya akan berpindah dari dunia nyata ke dunia maya, dan ini merupakan celah bagi dunia bisnis untuk memberikan fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya bagi para pengguna internet dan game online.


1.2. Tujuan

* Memberi fasilitas kepada masyarakat sekitar, mulai Pebisnis, Mahasiswa, hingga Siswa SMU, SMP, dan SD.
* Meningkatkan pengetahuan melalui internet.
* Menyediakan fasilitas bermain yang nyaman dan aman serta positi


1.3. Masalah

* Bagaimana menyediakan warnet dan game online yang baik
* Target pasar mana yang akan dibidik.

1.4. Manfaat

Diharapkan dengan adanya warnet banyak pihak yang mendapat nilai positif dari menggunakan fasilitas warnet ini. Dengan internet maka diharapkan para pengguna jadi lebih tahu tentang teknologi dan informasi terkini. Diharapkan warnet ini akan dapat digunakan sebagai sarana menggali informasi dan bermain dengan banyak nilai positif yang didapat.


DASAR TEORI


2.1. Computer

Computer adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki bagian utama yaitu monitor, CPU, keyboard dan mouse.

1. CPU
CPU adalah bagian terpenting dari computer, CPU adalah kumpulan dari berbagai part computer sehingga semua proses kerja computer dapat berjalan. Bagian-bagian dari CPU adalah :

o Processor

Processor adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai otak dari computer, yang dasar perhitungannya berskala Hz, misalnya Intel Pentium 4 2,66Hz. Hingga sekarang Processor yang tersedia di indonesia ada 2 yaitu Intel dan AMD, kedua merek ini memang bersaing mulai pilihan harga, socket, kecepatan processor dan kecepatan cache memory yang disediakan di pasaran. Maka dari itu dalam pemilihan processor ini bergantung pada unsur kebutuhan dari pengguna computer tersebut, atau untuk keperluan apa komputer tersebut akan digunakan.

o MotherBoard

MotherBoard adalah Papan MCB yang berisikan transistor dan chip yang berfungsi mengatur jalannya informasi perintah dari input (Mouse & Keyboard) menuju processor hingga disimpan atau diproses melalui data dalam harddisk. Sama halnya dengan Processor, motherboard juga memiliki banyak pilihan mulai merek yang cukup banyak mulai ASUS, Gigabyte, ECS, Albatron, dll.


Merek disini pengaruhnya tidak berpengaruh besar, hanya masalah distributornya saja, maka dari itu disarankan memilih merek yang memiliki service after salesnya baik dan cepat dalam perbaikan2. dalam memilih motherboard lebih ditekankan pada pemilihan chipset yang digunakan. Setiap motherboard memiliki chipset untuk mengatur semua kinerja komponen2 lainnya agar berjalan sinergi dan stabil. Jika dapat diklasifikasi mulai yang terbaik hingga yang paling buruk performa dan usia pakai chipset adalah sebagai berikut : Nvidia, Intel, VIA, SIS.

Semakin baik chipset yang digunakan biasanya harganya juga semakin mahal. Begitu juga fasilitas yang diusung di motherboard tersebut jika semakin lengkap maka semakin mahal. Itu semua juga tergantung kebutuhan pengguna computer tersebut.

o Hardisk

Harddisk adalah komponen pada CPU yang fungsinya untuk menyimpan data atau pun system yang akan digunakan oleh processor untuk mengolah data ata perintah. Hardisk memiliki spesifikasi mulai dari kecepatan putar disc nya dan jenis socket yang digunakan. Biasanya setiap merek memiliki varian hardisk dengan dua spesifikasi kecepatan putar disc 5400 rpm dan 7200 rpm.

Ada 2 socket yan digunakan yaitu socket ATA 133 dan Socket SATA 150. karena beda socket maka kabel yang digunakan juga berbeda pula sehingga SATA mampu mentransfer data lebih cepat. Yang paling penting dari pemilihan hardisk adalah jumlah kapasitas yang dimiliki hardisk tersebut mulai 40 Gb – 200 Gb yang saat ini paling sering digunakan. Untuk memilih hardisk juga tergantung dari program apa saja yang akan dgunakan untuk system atau pun untuk aplikasi lainnya.


o Optical Drive

Optical Drive biasa disebut CD-rom atau DVD-rom hal ini tergantung dari kemampuan optic tersebut. Jika hanya mampu membaca disc dengan format CD ya berarti CD-rom tetapi jika mampu menulis atau burn pada kepingan CD maka dapat disebut CD-RW. Sama halnya dengan DVD tetapi jika DVD-RW dapat menulis di kepingan DVD sekaligus CD. Hingga sekarang terdapat 3 disc yang sering digunakan yaitu CD, DVD, dan BlueRay Disc yang masing2 memiliki kapasitas 700Mb, 4,2Gb dan 50Gb. Dalam pemilihan disc biasanya ditekankan pada kecepatan baca dan tulis dari optical tersebut. Biasanya disebut dengan skala X seperti 52X pada CD-rom, atau 32X16X32X pada CD-RW ini juga merupakan kecepatan baca, tulis dari optical tersebut.

o VGA (Virtual Graphic Adapter)

VGA adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang ditancapkan pada motherboard melalui socket yang bernama socket AGP dan PCI-Express adalah yang terbaru. Biasanya VGA ini diukur berdasarkan Core Clock dan Memory Clock dan biasanya ditampilkan pada mereknya misalnya Gigabyte ATI Radeon X1550 256 MB. ini artinya merek Gigabyte dengan Chipset ATI Radeon dengan kecepatan kira kira 400-600Hz pada core clock dan Memory clocknya tergantung seri VGA tersebut SE, Pro Atau XT. Sedangkan 256 Mb adalah memori yang digunakan oleh VGA tersebut untuk memproses data dari Processor dan ditampilkan melalui layar monitor.

o Memory (RAM)

Memory adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang di tancapkan pada slot memory pada motherboard yang biasanya disebut dengan slot SDRam, DDR, DDR2. memory ini berfungsi sebagai ruang pemindah data misalkan dari CD rom ke Hardisk jadi semakin besar kapasitas memorynya maka makin cepat pula transfer data atau proses data yang dilakukan. Untuk jenis memory SDR, DDR, dan DDR2 masing masing memiliki kecepatan transfer yang berbeda yang biasanya disebut dengan misalnya Kingston DDR2 512Mb (533) berarti merek kingston dengan jenis Slot DDR2 dengan kapasita 512Mb dengan kecepatan transfer 533 ini berhubungan dengan FSB pada spesifikasi motherboard dan processor yang tersedia.

o Casing

Casing adalah tempat motherboard diletakkan dan sekaligus tempat semua komponen mulai hardisk, Optical Drive, Power Supplay dan dilengkapi dengan fan untuk menjaga temperatur udara dalam casing agar selalu dalam kondisi normal.


2. Monitor

Monitor adalah sebuah alat elektronik untuk menampilkan secara visual apa yang sedang CPU kerjakan. Dalam kinerjanya monitor sangat dibantu oleh VGA dalam menampilkan gambar-gambar dengan resolusi besar dan dapat bergerak dengan halus tanpa putus-putus.

3. Keyboard dan Mouse

Keyboard adalah papan ketik berisi angka dan huruf yang digunakan untuk input, sama halnya dengan mouse.

BAB III

Perencanaan

1. Lokasi

Lokasi yang dipilih sesuai adalah ruko yang berada di daerah Gresik, dengan target pasar yang mayoritas pelajar maka lokasi yang dipilih adalah dekat dengan keramaian dan pusat aktivitas pelajar, dengan demikian target pasar dapat menggunakan fasilitas ini untuk mencari tugas dan bermain juga.

2. Spesifikasi Computer

Spesifikasi untuk game adalah menggunakan peralatan computer paling canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan game yang akan diinstall di computer tersebut. Untuk mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal maka digunakan part computer pada level yang paling laris saat ini dengan merek terbaik agar memiliki usia pakai yang panjang.

Spesifikasi yang digunakan adalah

o Processor AMD Athlon64 3200+

Untuk bermain game pada processor yang paling baik digunakan adalah processor yang memiliki L2 cache memory lebih besar daripada L1 Cache memory nya. Karena L1 Cache memory biasanya digunakan untuk memproses data seperti transfer data, loading, dan melakukan instalasi. Sedangkan L2 Cache memory lebih sering digunakan untuk memproses data visual. Biasanya game bermasalah di tengah-tengah permainan misalnya HANG, LAG, dan hal ini biasanya disebabkan karena proses data visual kurang baik. Jadi untuk spesifikasi game lebih baik menggunakan processor AMD, Karena AMD memilik L2 Cache memory yang lebih besar dari pada L1 Cache memory nya. memang jika menggunakan Processor ini proses loading akan berlangsung sedikit lebih lambat tapi saat bermain game performanya lebih baik sehingga mengurangi komplain dari pelanggan.

o MotherBoard Gigabyte

Service After sales yang paling cepat dibanding merek lain

o Memory Kingston DDR2 512Mb (533)

Karena game terbaik sekarang membutuhkan spesifikasi memory yang cukup besar maka diperlukan memory yang cukup bersar untuk menambah kinerja computer tersebut maka digunakan merek kingston dengan kapasitas memory 512Mb karena selain service after salesnya bagus serta memiliki usia pakai yang cukup lama dibanding merek lain.

o Hardisk Seagate Baracuda 120Gb 7200rpm

Rata2 game sekarang membutuhkan 4Gb Disk free untuk tiap gamenya. Jika dalam satu computer berisi sekitar 16 – 20 game maka diperlukan hardisk yang cukup besar agar bisa menampung semua game tersebut.

o VGA HIS X1550 256Mb

Agar tampilan saat bermain game tidak putus-putus serta dapat menggunakan resolusi yang tinggi sehingga terlihat indah dan dan realistis, hal ini menambah sensasi saat bermain game.

o Monitor LG Flat 17”

Untuk mengurangi radiasi ke mata serta menambah kenyamanan pemain game yang rata2 bermain lebih dari 2 jam, maka digunakan monitor yang menggunakan banyak layer di kacanya seperti light frame pada philips serta live view pada LG. Intinya semua menambah kenyamanan saat bermain game dan menambah indah tampilan computer itu sendiri.

o Speaker Creative SBS 2.1

Speaker biasanya digunakan yang biasa, padahal dari speaker ini sensasi bermain game menjadi semakin realistis. Maka dari itu digunakan speaker dengan 2 sattelite dan 1 Sub Woofer. Sehingga mulai suara tweeter hingga bass dapat terdengar dengan baik.
o KeyBoard & Mouse 1 Set Logitech Optical

Karena sekarang mouse dengan menggunakan bola sudah mulai ditinggalkan karena perawatan untuk membersihkan roller di dalam mouse tersebut dirasa merepotkan. Maka sekarang digunakan mouse dengan optical sebagai pengganti bola yang pada prakteknya hampir tidak memerlukan perawatan kebersihan pada alasnya, sehingga kini membersihkan hanya pada tombol mouse dan keyboard saja. Dengan demikian memudahkan operator untuk bekerja.


3. Program

* Operating System Windows XP Home ( System )

* Open Office 2.2
* Mozila Firefox ( browsing internet )
* Flash Get ( Download )
* Yahoo Messengger 8.1 ( Chatting )

o Game Online

* Seal indo Online ( Petualangan ), Kartun, Lucu, Mudah dimainkan
* Rising Force indo Online ( Petualangan ) Perang Robot, Tegang, Rumit
* Ayo Dance ( Ketangkasan ) Dansa, Mudah dimainkan
* Get Amped R ( Ketangkasan ) Fighting, lucu, mudah dimainkan
* Raknarok Online ( Petualangan ) Rumit, Game lama
* RAN Online ( Petualangan ) Perang, game menengah

o Game Offline

* Counter Strike ( Tembak Menembak ) tegang, mudah
* Warcraft III ( Strategy ) Tegang, rumit
* Generals Zero Hour ( Strategy ) perang dunia, mudah
* MotoGP 3 ( Balap Motor ) Tegang, menengah
* NFS Underground 2 ( Balap Mobil ) Seru, Tegang, Menengah
* NFS Carbon ( Balap Mobil ) Tegang, Menengah
* BattleField 2 ( Tembak Menembak ) Tegang, perang Paling lengkap.

4. Rencana Anggaran

Terlampir

5. Prediksi Pendapaptan
Terlampir.



Persetujuan Kontrak Perjanjian

PASAL 1

Investor dalam kontrak perjanjian ini selanjutnya disebut Pihak 1. Pengelola dalam kontrak perjanjian ini selanjutnya disebut Pihak 2

PASAL 2

Pihak 1 berhak penuh atas kepemilikan semua modal awal, hingga usaha yang dijalankan bersama-sama ini selesai.

PASAL 3

Pihak 2 bertanggung jawab atas semua modal yang digunakan untuk usaha bersama tersebut.

PASAL 4

Pihak 1 berhak atas 50% dari keuntungan bersih tiap bulan. Dalam hal ini keuntungan bersih adalah keuntungan kotor selama sebulan dikurangi pengeluaran operasional perbulan. Yang termasuk dalam pengeluaran operasional adalah :

1. Gaji karyawan.
2. Tagihan Listrik dan Air.
3. Abonemen Berlangganan Internet.
4. Penyusutan Modal Awal (25%).
5. Sewa Lokasi.
6. Biaya perawatan / perbaikan kerusakan.

PASAL 5

Pihak 2 berhak atas 50% dari keuntungan bersih setiap bulan.

PASAL 6

Perjanjian prosentase pembagian keuntungan usaha yang diatur pada Pasal 4 dan Pasal 5 berlaku setelah tercapainya BEP (semua modal awal kembali kepada Pihak 1). Untuk pencapaian BEP Pembagian yang berlaku adalah 60% untuk pihak 1 dan 40% untuk pihak 2 dari keuntungan bersih.

PIHAK 1 PIHAK 2
................. ............... .................
SAKSI 1 SAKSI 2 SAKSI 3

Daftar Investor Usaha Warnet

Di Gresik :...........

Alamat :..........................

Mulai tanggal :....,...............,2008

1. Nama Lengkap : ..........................

Alamat : ..........................

No Telp Rumah / Phone cell : ..........................

Prosentase Modal : …......................%

No Rekening untuk di transfer : Bank ..........................

: Nomor..........................

2. Nama Lengkap : ..........................

Alamat : ..........................

No Telp Rumah / Phone cell : ..........................

Prosentase Modal : …......................%

No Rekening untuk di transfer : Bank ..........................

: Nomor..........................


Daftar Pengelola Usaha Warnet

Di Gresik : ...........

Alamat : ...........................

Mulai tanggal : ....,...............,2008

1. Nama Lengkap : ..........................

Alamat : ..........................

No Telp Rumah / Phone cell : ..........................

No Rekening untuk di transfer : Bank ..........................

: Nomor..........................

2. Nama Lengkap : ..........................

Alamat : ..........................

No Telp Rumah / Phone cell : ..........................

No Rekening untuk di transfer : Bank ..........................

: Nomor..........................



PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan internet dan game online yang sekarang pasarnya mencakup mulai pebisnis hingga siswa SD maka diperlukan fasilitas yang cukup memadai di dalam mengikuti perkembangan jaman ini.

Seperti kita ketahui internet dan game online merupakan sesuatu yang akan menjadi kebutuhan pokok di masa yang akan datang, bukan hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan akan informasi dan ajang penyaluran hobi, sekarang ini dunia internet dan game online merupakan salah satu tempat untuk penyaluran aktualisasi diri, sedikit demi sedikit tanpa dapat dipungkiri bentuk sosialisasi dikalangan masyarakat, anak muda khusunya akan berpindah dari dunia nyata ke dunia maya, dan ini merupakan celah bagi dunia bisnis untuk memberikan fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya bagi para pengguna internet dan game online.


1.2. Tujuan

* Memberi fasilitas kepada masyarakat sekitar, mulai Pebisnis, Mahasiswa, hingga Siswa SMU, SMP, dan SD.
* Meningkatkan pengetahuan melalui internet.
* Menyediakan fasilitas bermain yang nyaman dan aman serta positi

1.3. Masalah

* Bagaimana menyediakan warnet dan game online yang baik
* Target pasar mana yang akan dibidik.

1.4. Manfaat

Diharapkan dengan adanya warnet banyak pihak yang mendapat nilai positif dari menggunakan fasilitas warnet ini. Dengan internet maka diharapkan para pengguna jadi lebih tahu tentang teknologi dan informasi terkini. Diharapkan warnet ini akan dapat digunakan sebagai sarana menggali informasi dan bermain dengan banyak nilai positif yang didapat.


DASAR TEORI

2.1. Computer

Computer adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki bagian utama yaitu monitor, CPU, keyboard dan mouse.

1. CPU

CPU adalah bagian terpenting dari computer, CPU adalah kumpulan dari berbagai part computer sehingga semua proses kerja computer dapat berjalan. Bagian-bagian dari CPU adalah :
o Processor

Processor adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai otak dari computer, yang dasar perhitungannya berskala Hz, misalnya Intel Pentium 4 2,66Hz. Hingga sekarang Processor yang tersedia di indonesia ada 2 yaitu Intel dan AMD, kedua merek ini memang bersaing mulai pilihan harga, socket, kecepatan processor dan kecepatan cache memory yang disediakan di pasaran. Maka dari itu dalam pemilihan processor ini bergantung pada unsur kebutuhan dari pengguna computer tersebut, atau untuk keperluan apa komputer tersebut akan digunakan.

o MotherBoard

MotherBoard adalah Papan MCB yang berisikan transistor dan chip yang berfungsi mengatur jalannya informasi perintah dari input (Mouse & Keyboard) menuju processor hingga disimpan atau diproses melalui data dalam harddisk. Sama halnya dengan Processor, motherboard juga memiliki banyak pilihan mulai merek yang cukup banyak mulai ASUS, Gigabyte, ECS, Albatron, dll.


Merek disini pengaruhnya tidak berpengaruh besar, hanya masalah distributornya saja, maka dari itu disarankan memilih merek yang memiliki service after salesnya baik dan cepat dalam perbaikan2. dalam memilih motherboard lebih ditekankan pada pemilihan chipset yang digunakan. Setiap motherboard memiliki chipset untuk mengatur semua kinerja komponen2 lainnya agar berjalan sinergi dan stabil. Jika dapat diklasifikasi mulai yang terbaik hingga yang paling buruk performa dan usia pakai chipset adalah sebagai berikut : Nvidia, Intel, VIA, SIS.


Semakin baik chipset yang digunakan biasanya harganya juga semakin mahal. Begitu juga fasilitas yang diusung di motherboard tersebut jika semakin lengkap maka semakin mahal. Itu semua juga tergantung kebutuhan pengguna computer tersebut.

o Hardisk

Harddisk adalah komponen pada CPU yang fungsinya untuk menyimpan data atau pun system yang akan digunakan oleh processor untuk mengolah data ata perintah. Hardisk memiliki spesifikasi mulai dari kecepatan putar disc nya dan jenis socket yang digunakan. Biasanya setiap merek memiliki varian hardisk dengan dua spesifikasi kecepatan putar disc 5400 rpm dan 7200 rpm.

Ada 2 socket yan digunakan yaitu socket ATA 133 dan Socket SATA 150. karena beda socket maka kabel yang digunakan juga berbeda pula sehingga SATA mampu mentransfer data lebih cepat. Yang paling penting dari pemilihan hardisk adalah jumlah kapasitas yang dimiliki hardisk tersebut mulai 40 Gb – 200 Gb yang saat ini paling sering digunakan. Untuk memilih hardisk juga tergantung dari program apa saja yang akan dgunakan untuk system atau pun untuk aplikasi lainnya.


o Optical Drive

Optical Drive biasa disebut CD-rom atau DVD-rom hal ini tergantung dari kemampuan optic tersebut. Jika hanya mampu membaca disc dengan format CD ya berarti CD-rom tetapi jika mampu menulis atau burn pada kepingan CD maka dapat disebut CD-RW. Sama halnya dengan DVD tetapi jika DVD-RW dapat menulis di kepingan DVD sekaligus CD. Hingga sekarang terdapat 3 disc yang sering digunakan yaitu CD, DVD, dan BlueRay Disc yang masing2 memiliki kapasitas 700Mb, 4,2Gb dan 50Gb. Dalam pemilihan disc biasanya ditekankan pada kecepatan baca dan tulis dari optical tersebut. Biasanya disebut dengan skala X seperti 52X pada CD-rom, atau 32X16X32X pada CD-RW ini juga merupakan kecepatan baca, tulis dari optical tersebut.

o VGA (Virtual Graphic Adapter)

VGA adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang ditancapkan pada motherboard melalui socket yang bernama socket AGP dan PCI-Express adalah yang terbaru. Biasanya VGA ini diukur berdasarkan Core Clock dan Memory Clock dan biasanya ditampilkan pada mereknya misalnya Gigabyte ATI Radeon X1550 256 MB. ini artinya merek Gigabyte dengan Chipset ATI Radeon dengan kecepatan kira kira 400-600Hz pada core clock dan Memory clocknya tergantung seri VGA tersebut SE, Pro Atau XT. Sedangkan 256 Mb adalah memori yang digunakan oleh VGA tersebut untuk memproses data dari Processor dan ditampilkan melalui layar monitor.

o Memory (RAM)

Memory adalah perangkat yang berbentuk seperti kartu yang di tancapkan pada slot memory pada motherboard yang biasanya disebut dengan slot SDRam, DDR, DDR2. memory ini berfungsi sebagai ruang pemindah data misalkan dari CD rom ke Hardisk jadi semakin besar kapasitas memorynya maka makin cepat pula transfer data atau proses data yang dilakukan. Untuk jenis memory SDR, DDR, dan DDR2 masing masing memiliki kecepatan transfer yang berbeda yang biasanya disebut dengan misalnya Kingston DDR2 512Mb (533) berarti merek kingston dengan jenis Slot DDR2 dengan kapasita 512Mb dengan kecepatan transfer 533 ini berhubungan dengan FSB pada spesifikasi motherboard dan processor yang tersedia.

o Casing

Casing adalah tempat motherboard diletakkan dan sekaligus tempat semua komponen mulai hardisk, Optical Drive, Power Supplay dan dilengkapi dengan fan untuk menjaga temperatur udara dalam casing agar selalu dalam kondisi normal.


2. Monitor

Monitor adalah sebuah alat elektronik untuk menampilkan secara visual apa yang sedang CPU kerjakan. Dalam kinerjanya monitor sangat dibantu oleh VGA dalam menampilkan gambar-gambar dengan resolusi besar dan dapat bergerak dengan halus tanpa putus-putus.

3. Keyboard dan Mouse

Keyboard adalah papan ketik berisi angka dan huruf yang digunakan untuk input, sama halnya dengan mouse.

ZUMA Flash Game