Memulai Bisnis Online


Sebuah panduan yang akan menerangkan secara ringkas tentang:
Bagaimana Anda memulai bisnis online,
seperti apa prosesnya, dan apa yang harus Anda lakukan.

Oleh: Internet Marketing

Memulai Bisnis Online
Pendahuluan Memulai Bisnis Online Banyak orang bertanya kepada saya, apa yang paling berat ketika memulai menjalankan sebuah bisnis online? Jawab saya: IDE! Sebuah ide adalah awal penentu keberhasilan kita di bisnis ini. Ide tidak harus selalu tampak rumit. Sebuah ide simple tapi unik dan bermanfaat bisa membuat produk atau jasa kita diminati banyak orang. Untuk mendapatkan ide ini, kita perlu menyadari terlebih dahulu APA yang menjadi minat kita. Tidak menjadi masalah apakah minat itu berasal dari hobi atau keahlian kita.

Yang paling penting, kita senang dan menikmati
dalam mengerjakannya. Karena kalau kita tidak senang mengerjakannya, maka kita akan cepat bosan, tidak sanggup melewati waktu yang terasa amat lambat dan akhirnya malah bisa berefek buruk pada bisnis online kita! Nah, untuk mempermudah bagaimana Anda bisa memulai bisnis online ini, saya telah membuat panduan aktivitas bisnis online untuk Anda! Gunakan ringkasan berikut ini sebagai ‘acuan’ Anda pada saat mau memulai bisnis online, dan Anda pun tidak akan tersesat di dunia Internet Marketing :-) Pelajari baik-baik setiap langkah, juga rencanakan bisnis online Anda dengan hati-hati. Dan jika Anda sukses menggabungkan unsur-unsur tersebut sejak awal menjalani bisnis ini, maka Anda bisa menghemat waktu dan uang pada hal yang bermanfaat. 8 Strategi

Untuk Menjadi Affiliate Marketer Yang Sukses

1. Fokus Pada Target Market Yang Spesifik
2. Cari Ide Bisnis Yang Menjual
3. Pilih Produk/Servis Yang Sesuai Dengan Ide Bisnis Anda

4. Pilih Nama Domain Dan Web Hosting Untuk Situs Kita
5. Buat Website Yang Sesuai Dengan Ide Bisnis Anda

6. Buat Naskah Web Yang Bisa Menjual Produk Anda

7. Promosikan Website Anda

8. Ulangi Ketujuh Langkah Diatas Untuk Ide Bisnis Baru Anda Lainnya

Strategi


1: Fokus Pada Target Market Yang Spesifik.
Pilihlah ide bisnis yang menurut Anda menarik dan buatlah Website dengan tema yang sesuai dengan ide bisnis yang Anda pilih. Kemudian pilih Program Affiliate yang sesuai dengan tema dari website yang telah Anda buat.

Strategi

2 : Cari Ide Bisnis Yang Menjual Hal mendasar yang harus diperhatikan dalam mencari ide bisnis di Internet adalah mengetahui seberapa besar target market dari ide bisnis yang akan kita pilih. Anda bisa pelajari tentang hal ini di modul TARGET MARKETING.

Strategi


3 : Pilih Produk/Servis Yang Sesuai Dengan Ide Bisnis Anda
Setelah kita menentukan ide bisnis yang akan kita jalankan, pilihlah produk yang banyak peminatnya dan berkualitas sehingga akan memberi Anda kemudahan untuk memperoleh keuntungan yang besar dari setiap penjualan yang berhasil Anda lakukan. Carilah situs Affiliate tentang produk tersebut. Pastikan situs Affiliate tersebut mempunyai reputasi yang baik dan bisa meningkatkan penjualan Anda. Tips memilih dan bagaimana mencari affiliate program yang baik bisa Anda pelajari lebih dalam di modul tentang ‘Affiliate’. Saya jelaskan di sana sangat detil.

Strategi


4: Pilih Nama Domain Dan Web Hosting
Anda bisa mempromosikan program Affiliate Anda melalui link Affiliate yang telah Anda dapatkan, namun akan lebih baik apabila Anda menggunakan nama domain sendiri yang mudah diingat, selain terlihat lebih professional, Selain itu, dengan memiliki nama domain sendiri, Anda akan bisa membuat alamat email dari domain Anda. Misalnya saja, nama domain Anda adalah www.BisnisKu.com Maka Anda bisa mempunyai alamat e-mail seperti webmaster@BisnisKu.com, support@BisnisKu.com, admin@BisnisKu.com, nama@BisnisKu.com.

Hal itu
yang akan membuat Anda lebih terpercaya. Bahkan Anda bisa dianggap seperti mempunyai sebuah perusahaan besar! Setelah memiliki nama domain, Anda akan memerlukan hosting untuk membuat situs Anda menjadi ONLINE. Yang terpenting dalam memilih sebuah layanan web hosting adalah pilihan fitur-fitur yang memenuhi kebutuhan Anda, berkualitas, pelayanan yang bagus serta terjangkau biayanya.

Strategi


5 : Buat Website Yang Sesuai Dengan Ide Bisnis Anda Beberapa Internet Marketer melakukan kesalahan dengan memasukkan beberapa program Affiliate yang berbeda kedalam website mereka sehingga kurang fokus pada ide bisnis yang telah dipilih. Contoh, website Anda bertemakan ‘olah raga’, tapi di sana Anda juga menjual ‘alat memasak’. Tidak nyambung bukan? :-) Jika Anda ingin mendapatkan penjualan yang tinggi, maka Anda harus membuat website yang fokus pada target market yang spesifik dan sesuai dengan ide bisnis Anda.

Strategi


6: Buat Naskah Web Yang Bisa Menjual Produk Anda
Umumnya orang lebih suka membeli barang dari orang yang telah mereka kenal baik dan mereka percaya. Oleh karena itu Anda harus bisa membagun kepercayaan pelanggan Anda dengan cara membuat naskah website yang Anda tulis sendiri sehingga akan lebih menonjolkan ciri khas dan keunikan Anda. Di dalam naskah website tersebut Anda bisa menjelaskan secara rinci tentang produk Affiliate yang Anda tawarkan. Khusus cara menulis naskah web yang menjual bisa Anda pelajari di modul ‘Bagaimana Cara Membuat Web Copy Yang Menjual’. Saya telah menulis langkah-langkahnya disertai dengan banyak contoh! Satu kali baca, Anda bisa langsung praktek! :-)

Strategi


7: Promosikan Website Anda
Setelah Anda berhasil membuat website yang sesuai dengan produk yang akan Anda jual, segera promosikan website Anda untuk mendapatkan traffic pengunjung.


Strategi

8: Ulangi Ketujuh Langkah Diatas Untuk Ide Bisnis Baru Anda Lainnya Setelah website pertama Anda online dan menghasilkan penjualan, silahkan Anda ulangi lagi ketujuh langkah diatas untuk menciptakan ide bisnis Anda lainnya. Internet mengijinkan kita untuk bisa menjalankan banyak bisnis pada waktu yang bersamaan pada saat kita sudah bisa mengotomatisasikan bisnis kita! Pelajari bagaimana cara mengotomatisasikan situs kita di modul ‘Follow Up’. Ingat, ke-8 langkah di atas hanyalah ‘ringkasan’ dari proses kegiatan bisnis online yang akan Anda lakukan.

Saya telah membuat modul-modul khusus
lainnya berdasarkan kategori yang saya bahas sangat detil, beserta strateginya.

ZUMA Flash Game