Jaminan 100 % bebas virus bagi email anda !!


Rangkuman

Para pelaku bisnis sekarang ini telah menumbuhkan ketergantungan yang tinggi kepada email. Email menyediakan kecepatan, kemampuan untuk dikirimkan kebeberapa tempat sekaligus, dan pertanggungjawaban yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi-komunikasi bisnis sehari-hari didalam segala aspek perusahaan, termasuk rangkaian negosiasi-negosiasi kontrak penyediaan barang, pemberitahuan-pemberitahuan penyelesaian produk, komunikasi internal antar karyawan, dan hubungan timbal balik dengan pelanggan. Memang benar, email adalah “killer application” dalam dunia usaha sekarang ini. Tetapi kekuatan email itu sendiri dapat juga dijadikan sebagai ancaman bagi penggunanya, email menyediakan mekanisme paling cepat dan paling mudah bagi penjangkitan dan penginfeksian virus dalam perkembangan saat ini. Semakin banyak orang dengan berbagai latar belakang menggunakan email dengan berbagai macam cara berbeda mengakibatkan bahkan email yang jelas-jelas mengandung virus bisa disalah artikan sebagai email yang tidak bervirus dan mengakibatkan penerimanya terinfeksi virus.

Solusi-solusi anti-virus tradisonal seperti menginstall antivirus di jaringan dan mengupdate secara teratur tidaklah cukup, ketergantungan akan “signatures virus” dan implementasi software klien menciptakan celah bahaya infeksi virus antara antara waktu sebuah virus dilepaskan oleh pembuatnya dan saat server antivirus atau komputer dalam jaringan memperbaharui file signaturenya. Celah ini sangat penting dan memaksa perusahaan untuk melakukan usaha ekstra (bagian IT) teristimewa saat setiap virus baru dilepaskan yang seringkali terjadi secara mendadak dan tidak terduga.

Makalah Hurwitz Group ini menyelediki tantangan-tantangan anti-virus email melawan manager-manager IT sekarang ini, mengkaji sebuah pendekatan alternatif dalam keberhasilan layanan MessageLabs’ SkyScan AV, dan membandingkan keuntungan-keuntungan yang diharapkan dengan studi kasus aktual. Para peserta dalam studi kasus ini mengalami kedua keuntungan kuantitas dan kualitas sebagai hasil dari penggunaan SkyScan AV, dan semua melaporkan rasa kepuasan yang besar dari performa layanan yang sangat baik.

-----oOo-----

Pendahuluan

Dengan terus berkembangnya popularitas e-mail, begitu juga dengan kepentingan operasional bisnis, pada tahun 2000 hampir 1,6 milyar e-mail dikirim di Amerika Utara. Tahun 2004, jumlah ini akan meningkat 3 kali lipat, mencapai kira2 4,3 milyar pesan setiap tahunnya. Pada saat yang sama, jumlah total dari bisnis pengguna e-mail meningkat dari 222 juta menjadi lebih dari 327 juta.

Sayangnya, ancaman dari e-mail yang mengandung virus disebarkan melalui sebuah organisasi yang nyata, dengan kelemahan-kelemahan pada system terus di identifikasi dan di exploitasi dimana manusia secara alami berperan penting dalam penyebaran virus ini. Makalah ini melihat pada masalah2 kritikal sekitar akibat virus-virus e-mail dalam operasinonal bisnis, menyelediki mengapa solusi pengembalian tradisional tidak memadai untuk menjamin ketersediaan dan membahas sebuah solusi untuk anti virus e-mail dari pihak luar – Message Labs’ SkyScan AV service. Melihat dari sejarah kasus yang benar-benar terjadi, Hurwitz Group menganalisa apa yang diharapkan dari suatu investasi dalam anti-virus e-mail dari pihak luar dan membandingkannya dengan hasil-hasil yang nyata.

Ancaman-ancaman Virus E-mail dan Contohnya.

Sejalan dengan makin meningkatnya kepercayaan kalangan bisnis kepada e-mail untuk komunikasi-komunikasi penting, keahlian mereka untuk menyediakan jasa-jasa yang tidak terhenti juga meningkat dalam resiko perkembangbiakan dikarenakan oleh e-mail yang mengandung virus. Bahkan e-mail yang mengandung virus berjumlah lebih dari 90% daripada perjangkitan virus-virus diluar e-mail, karena e-mail mewakili distribusi yang paling efektif dan berkembang sangat pesat.

PricewaterhouseCoopers memperkirakan virus2 bisa menyebabkan kerugian bisnis lebih dari $1,3 milyar pada akhir tahun 2003. Contoh2 dari sebagian besar virus2 didunia, sbb :

  • Melissa
  • Love Bug (atau I Love You)
  • Anna Kournikova
  • SirCam
  • Nimda
  • Goner
  • Klez

E-mail ada dimana-mana dan perkembangannya menunjukkan bahwa e-mail yang mengandung virus akan terus berlanjut untuk mewakili beragam ancaman virus yang dapat diduga baik untuk sekarang dan masa depan.

Jaringan sebagai Target virus-virus E-mail

Sangatlah jelas bahwa e-mail adalah penggunaan penting dalam komunikasi bisnis dan mematikan mailserver karenakan virus berdampak sangat siginifikan pada produktivitas. Selain itu, email memainkan peranan lain dalam komputer, inbox email memberi virus suatu tumpuan dalam PC dimana dapat menyerang setting registri, file-file individual, dan fungsi-fungsi sistem, diantara kemungkinan-kemungkinan lainnya. Bahkan, virus dan worms secara keji sering kali bekerja kedalam network, menginfeksi server dan pc-pc lainnya, dengan tujuan menginfeksi seluruh jaringan komputer.

Kerugian-kerugian akibat dari Virus

Dampak dari virus didalam sebuah misi – penting bisnis dalam sebuah perusahaan dapat datang dari berbagai jenis berbeda-beda. Kerugian-kerugian yang tampak dengan jelas terlihat melalui pencegahan dan infeksi dari virus. Tentu saja, infeksi-infeksi menghasilkan skenario terburuk, hal ini dijelaskan lebih detail dibawah ini.

Kerugian yang diakibatkan oleh Infeksi-infeksi Virus.

Kerugian yang paling nyata dari virus yang terdapat didalam pc klien yang kemudian terinfeksi dan membutuhkan pembersihan dan pemulihan aktivitas. Aktivitas-aktivitas ini dapat dijelaskan dibawah ini bersama dengan beberapa estimasi harga.

Help Desk Call

Hal pertama yang harus dilakukan seorang user (mudah2an) pada saat ia mengidentifikasi adanya virus adalah memanggil meminta bantuan. Biaya kira-kira dari bantuan ini berkisar dari $20 - $ 40 setiap panggilan, tergantung pada jenis dan besarnya masalah. Secara umum, suatu panggilan bantuan akan berada diurutan paling bawah pada spektrum untuk support help desk.

System Clean-up

System clean-up biasanya mencakup upgrading software anti-virus dan menjalankan software pemulihan virus. Kadang-kadang pemulihan harus dilakukan secara manual, yang biasanya memakan waktu lebih lama. Waktu yang dihabiskan dalam mengupgrade software dan memulihkannya dari virus akan beragam, berkisar dari satu setengah jam sampai setengah hari. Biaya-biaya dari system clean-up dapat dikalkulasi dengan mengambil biaya perjam dari personil support IT dan dikalikan dengan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitas tersebut hingga selesai. Diperkirakan biayanya antara $50 dan $80/jam.

Kehilangan Produktivitas dari User yang TerInfeksi

Ketika sebuah pc terinfeksi, user harus mematikan segala kegiatan komputer yang berhubungan. Biaya-biaya yang terhubung dengan hilangnya produktivitas dapat dikalkulasikan dengan mengambil gaji jam kerja dan dikalikan dengan persentase waktu yang dihabiskan pada saat menggunakan pc lalu dikalikan dengan jumlah waktu banyaknya pc yang tidak bisa digunakan.

Akibat-akibat Infeksi-infeksi lainnya.

Ø Hilangnya informasi. Kerugian-kerugian yang disebabkan oleh virus dapat sangat beragam pada kemampuan virus itu sendiri. Sebuah virus yang menghapus file-file, sebagai contoh, akan menyebabkan kerugian yang berhubungan dengan pemulihan dari file-file dan/atau membuat file-file itu kembali dari awal. Kerugian ini bisa berkisar dari sangat kecil hingga tak terhingga (luar biasa besar).

Ø Forensic dan pemulihan. Pada beberapa kasus, kerja forensic dapat dibutuhkan untuk mengetahui aksi-aksi legal atau melakukan sebuah analisa penyebab.

Ø Merusak nama perusahaan. Mengirimkan sebuah email yang terinfeksi virus kepada klien atau pelanggan2 adalah buruk bagi bisnis. Virus2 seperti SirCam dapat mengirimkan informasi2 yang sensitive kepada tujuan2 yang tidak sesuai. Contoh2 ini dapat menghasilkan kerusakan serius kepada nama perusahaan.

Akibat-akibat yang Berhubungan dengan Pertimbangan Pencegahan Anti-Virus.

Ketika sebuah virus mengancam, perusahaan bisa saja mengambil pertimbangan yang drastis untuk memproteksi diri melawan virus itu. Dikarenakan waktu yang terbatas dan prioritas yang bersaing, biaya-biaya untuk mencegah serangan virus yang akan datang tidak terlalu menonjol. Sebagai tambahan, proses dari rutinitas dan updates darurat dapat ditambahkan dengan cepat.

Hilangnya Produktivitas dari Seluruh Pengguna Email

Sebagai tempat komunikasi terpenting dalam perusahaan, kehilangan pengunaan email kadang-kadang merupakan elemen paling beresiko dalam serangan virus. Bahkan ketika server dimatikan sebagai sebuah langkah pencegahan, tanpa infeksi yang actual, hilangnya produktivitas berpengaruh pada seluruh pengguna email. Karena komunikasi email cenderung interaktif, ada sebuah efek akordion untuk pemulihan. Hal yang baik adalah, pekerja tetap idle pada saat email mengantri di server, hanya membutuhkan penanganan pada saat email dikembalikan ke operasional normal. Untuk mengkalkulasi hilangnya produktivitas pada sebuah perusahaan, kalikan biaya rata-rata jam pegawai dengan jumlah waktu email tetap mati, lalu di kurangi dalam persentase dari waktu rata-rata pekerja menggunakan email.

Akibat-akibat lainnya berhubungan dengan Pencegahan Virus

Sangatlah penting untuk mempertimbangkan akibat-akibat lainnya yang berhubungan dengan aktivitas antivirus. Hal ini termasuk update file yang tidak direncanakan, kemungkinan-kemungkinan biaya kerja yang harus digantikan, aktivitas aktivitas pemberitahuan virus dan admintrasi umum.

Dasar Kebenaran dari Pembelian Anti-Virus untuk E-mail

Setelah diberikan resiko-resiko finasial dari infeksi e-mail yang mengandung virus, pendorong untuk investasi didalam solusi anti-virus untuk e-mail cukup mendesak. Memang, anti-virus dikabarkan telah digunakan oleh 95% respondent Hurwitz Group study, menjadikannya penggunaan aplikasi paling populer digunakan pada saat ini.

Dan masalah-masalah dengan e-mail yang mengandung virus masih terus mewabah bisnis-bisnis diseluruh dunia. Bab selanjutnya akan membahas beberapa alasan mengapa ada solusi anti-virus e-mail yang tidak didesain secara baik untuk memenuhi dan mungkin sangat penting dalam mengatasi keturunan virus masa depan.

Pencakupan Virus yang tidak Mencukupi dari Pemecahan secara Tradisional

Solusi anti-virus tradisional terdapat dalam dua kategori dasar : desktop-based dan gateway-based, dimana keduanya terdapat batasan. Kedua solusi desktop dan gateway-based bergantung pada file signature yang berisi suatu database dari virus-virus dikenal. Vendor anti-virus harus mengupdate file-file ini sesering mungkin untuk mengatasi tanda-tanda virus terbaru. Juga harus diinstall kedalam setiap e-mail gateway untuk solusi gateway-based, atau setiap desktop untuk setiap solusi desktop-based. Akhirnya, pencipta virus akan menciptakan virus yang polymorphic untuk menghindari pendeteksian.

Tidak di Desain untuk jenis E-mail mengandung Virus baru.

Solusi anti-virus tradisional, apakah itu gateway-based atau desktop-based, disusun dan di desain untuk dunia pra-internet. Dimana kebanyakan virus disebarkan melalui floppy disk, bukan melalu e-mail attachment atau file trojan lainnya yang ditambahkan pada halaman-halaman web. Sebuah tanda file dasar system sendiri telah cukup. Sekarang, e-mail massal sudah menjadi hal umum dengan virus yang bisa disebarkan keseluruh dunia dalam hitungan jam.

Tidak ada Satupun Program yang Dapat menyediakan 100 % Perlindungan Efektif.

Bahkan software terbaikpun tidak bisa secara efektif menyediakan 100% perlindungan melawan segala type virus. Beberapa pelanggan telah menanggapi dengan menggunakan sebuah gabungan dari solusi anti-virus gateway-based dan desktop-based dari vendor yang berbeda-beda untuk meningkatkan perlindungan. Walaupun secara teori hal ini meningkatkan level proteksi, batasan penerapan dari downloading dan update file virus yang sering sama dengan meningkatkan biaya yang berhubungan dengan memiliki dua solusi anti-virus membuat pendekatan ini kurang menarik bagi banyak perusahaan.

Model-model update definisi antivirus menciptakan kelemahan-kelemahan Selama Penjangkitan Virus

Setelah suatu penjangkitan terjadi, suatu lomba dua pihak dimulai :

Ø Identifikasi dan definisi signature. Untuk virus apa saja, vendor software anti-virus menanggapi dengan memperoleh suatu file yang terinfeksi, menciptakan sebuah signature virus, dan memperbaharui file signature yang berisikan signature ini. File signature yang diperbaharui kemudian ditempatkan di sebuah website atau dikirim secara elekronik ke system administrasi perusahaan.

Ø Distribusi file signature. Administrator harus menyebarkan file signature yang baru ini ke gateway atau servernya dan kemudian ke ribuan atau puluhan ribu desktop, kemungkinan besar diseluruh dunia dan dalam lingkungan yang aktif dan sedikit. Rasa kaget dari virus bisa terjadi beberapa hari kemudian ketika karyawan yang lebih sering diluar akhirnya berada didekat komputer mereka untuk memperbaharui software mereka.

Setiap langkah-langkah ini menuju ke penundaan yang bisa berakibat pada operasional bisnis. Kadar dari virus e-mail yang utama seperti Love Bug dan Goner dapat berkembang biak adalah lebih cepat daripada kadar dimana file signature bisa dikembangkan dan didistribusikan. Dalam persaingan antara perkembangbiakan virus dan antivirus, virus selalu menang. Bahkan perusahaan-perusahaan yang sudah cukup rajin untuk mematikan e-mail server mereka sebelum suatu infeksi besar-besaran dapat tersebar mempunyai tugas menantang untuk mendapatkan akses ke file signature yang telah diperbaharui ketika telah tersedia. Tambahan, kerusakan telah terjadi- operasional bisnis telah dihancurkan atau dimatikan.

Tingginya Biaya yang berhubungan dengan Pelaksanaan dan Pemeliharaan Updated File AntiVirus.

Walaupun diduga bahwa file anti-virus bisa di pelihara dan didistribusikan ke hubungan biaya dan pekerja menjadi penghalang. Kebanyakan organisasi tidak mampu menyediakan kemewahan dari seorang spesialis anti-virus yang semata-mata bertugas untuk bertanggung jawab atas downloading file virus terbaru dan mendistribusikannya kepada users.

Sebagai tambahan, disepakati bahwa e-business yang meningkat secara alami mendunia, kewaspadaan atau penjagaan harus dijalankan dalam sebuah basis 24x7, setiap harinya disetiap tahun. Hal ini sangat sulit dilakukan dan suatu penggunaan sumber daya IT yang mahal yang dapat digunakan untuk proyek-proyek yang lebih penting.

Kesimpulan : Proteksi Virus yang tidak Mencukupi Berakibat pada Kerugian Downtime yang Kritis dan Hubungan Bisnis.

Kombinasi dari kelemahan-kelemahan dalam solusi pemulihan software, biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mempertahankan file virus ter-update dan terdistribusi, dan tekanan tanpa belas kasihan yang diberikan kepada staff IT yang telah kelebihan beban kerja untuk meningkatkan produktivitas membuat kasus ini lebih sulit untuk dibenarkan.

Apa yang dibutuhkan adalah layanan anti-virus dari pihak ketiga yang menggunakan beberapa scanner antivirus terbaik yang digabungkan dengan deteksi heuristic virus. Sekarang kita beralih pandangan pada suatu layanan dari pihak luar yaitu MessageLabs yang disebut SkyScan AV, analisalah keuntungan-keuntungan yang didapat dari membeli pembenaran pendapat, dan laporan dalam penyelidikan analisa dari Hurwitz Group case study dari tiga pelanggan yang menggunakan layanan MessageLabs.

Memperkenalkan Layanan MessageLabs dan SkyScan AV

Tentang MessageLabs

MessageLabs adalah sebuah penyedia layanan keamanan e-mail dari tingkat Internet yang terkemuka. Melalui Layanan portfolio SkyScan, pelanggan MessageLabs dilindungi dari ancaman-ancaman e-mail yang mengandung virus, surat yang tidak dikehendaki (spam), isi yang sangat sensitif dan penuh dendam dan pornography (porn), jauh sebelum email tersebut datang ke dalam mailbox.

Merupakan bagian dari Star Technology Group, MessageLabs didirikan pada Januari 2002 dan mempekerjakan 350 karyawan dengan kantor-kantor di Amerika, Inggris dan HongKong. MessageLabs melindungi lebih dari 900.000 pemakai diseluruh dunia dan telah berkembang dalam sejarah rata-rata melebihi 10% perbulan (200% setiap tahunnya).

Gambaran tentang Layanan SkyScan AV

SkyScan AV berbasis Internet, mengendalikan penyampaian layanan anti-virus melalui jaringan dari “menara pengontrol” yang terletak pada titik utama pertukaran diseluruh dunia. Tidak seperti metode in-house, SkyScan AV menggabungkan kemampuan membaca dari tiga anti-virus scanner (McAfee, F-Secure dan V-find) dengan heuristic dan rules-based scanner yang dimiliki secara eksklusif oleh MessageLabs yang disebut Skeptic. Menggunakan intelegensia buatan untuk melihat pola-pola dan karakteristik yang tidak biasa didalam e-mail, Skeptic mendeteksi penjangkitan virus baru sebelum signature diciptakan atau di upload dalam software tradisional. Skeptic bekerja secara simultan pengenalan karakter virus yang diperoleh dari e-mail melalui jaringan MessageLabs setiap hari. Penandaan download dilakukan oleh SkyScan AV setiap 10 menit sehingga selalu up to date dan update otomatis dapat dilakukan disemua jaringan.

Lalu lintas e-mail dipantau selama 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun dari pusat operasi global MessageLabs’ Co. di Inggris. Interface manajemen online/insight menyediakan serangkaian perangkat dan informasi. Pelaporan Insight disediakan secara berjenjang dan detail untuk menyediakan data statistik tentang aktivitas virus dan pemakaian e-mail, dan untuk menginformasikan kepada senior management dan membantu staff IT untuk meningkatkan keamanan sistem. Layanan ini sangat sederhana untuk dilakukan dan aktivasinya memakan waktu tidak lebih dari beberapa jam. Pengaruh untuk staff IT juga sangat minimal. Pengguna tidak akan melihat penurunan performa rata-rata e-mail yang digunakan hanya memerlukan 1,2 detik untuk di proses.

Kegunaan Hurwitz

Pada penelitian yang dilakukan untuk makalah ini Hurwitz Group telah menyelidki kemungkinan keuntungan dan yang diharapkan dari layanan SkyScan AV dengan MessageLabs dan 3 macam pelanggan, dengan studi kasus detail yang khusus yang tersusun dalam apendix. Keuntungan-keuntungan yang diharapkan yang diperlihatkan dibawah ini adalah berdasarkan pada penelitian dan analisa dari Hurwitz Group, dan dibenarkan untuk pesediaan pengalaman pelanggan dalam studi kasus.

Layanan SkyScan AV : Keuntungan-keuntungan yang Diharapkan.

Mengurangi Kerugian Waktu e-Business

Sejak layanan SkyScan AV menghadang berbagai macam virus sebelum mereka sempat mencapai suatu batas jaringan perusahaan, Hurwitz Group mengharapkan perusahaan-perusahan untuk menggunakan layanan SkyScan AV untuk mengalami pengurangan kerugian waktu yang berarti yang diakibatkan oleh virus e-mail.

Mengurangi Biaya-Biaya Administrasi dan Perawatan Anti-Virus

Sebagai tambahan dalam pengurangan kerugian waktu yang sangat penting, Hurwitz Group mengharapkan perawatan anti-virus dan ditribusi file virus dan biaya-biaya administrasi bisa lebih dikurangi. Hal ini akan membebaskan karyawan IT yang berharga untuk ditempatkan dalam proyek yang bernilai tinggi yang bisa disumbangkan untuk perkembangan pendapatan, perolehan dan daya simpan pelanggan, dan keuntungan besar IT lainnya.

Melindungi Reputasi dan Citra Perusahaan

Resiko yang nyata atas matinya mailserver pada era elektronik akan mempertaruhkan citra dan reputasi perusahaan. Hal ini tidak hanya terbatas bagi perusahaan dot.com saja; perusahaan-perusahaan tradisional pun meningkat dalam interaksi online mereka dengan pelanggan, rekan-rekan, dan supplier. Mematikan e-mail pada saat serangan virus sudah tidak bisa diterima lagi, namun yang lebih buruk adalah dampak negatif dalam suatu reputasi merek perusahaan dengan memalukan diri sendiri melalui pengembangbiakan virus lewat server dan email account. Hruwitz Group mengharapkan perusahaan-perusahaan yang telah menginvestasikan dirinya dalam SkyScan AV akan lebih terlindung dan maka dari itu akan kurang mengkhawatirkan tipe-tipe resiko ini.

Melindungi dari Kecenderungan Tuntutan Legal.

Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan bertukar informasi secara elektronik, resiko pengungkapan informasi rahasia secara tidak sengaja akan meningkat. Amerika Serikat dan Eropa memiliki aturan ketat tentang privasi yang harus diikuti dalam beberapa macam industri seperti pusat kesehatan dan layanan finansial. Penyingkapan rahasia informasi pelanggan secara tak sengaja melalui serangan e-mail yang mengandung virus dapat membuka pintu ke denda-denda sipil dan/atau kriminal. Virus juga bisa berdampak pada rekan-rekan e-Business dan berdampak serius pada produktivitas bisnis dengan kerugian waktu yang memerlukan pembersihan setelah suatu virus menyerang. Dengan tingkat layanan perjanjian bisnis-ke-bisnis yang tidak bisa dipungkiri, perusahaan-perusahaan yang tidak terlindungi secara cukup dari serangan virus akan mendapatkan resiko dari pelanggaran perjanjian-perjanjian ini.

Keuntungan-Keuntungan Lainnya.

Hurwitz Group mengharapkan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan suatu solusi anti-virus yang luas disesuaikan secara mendalam dengan kebijakan keamanan bersama. Mereka yang memanfaatkan solusi berbasis internet dalam hubungan dengan anti-virus berbasis desktop atau server harus memiliki pengertian yang mendalam dari sumber-sumber infeksi virus dan bisa lebih cepat menargetkan “hot spots” melalui organisasi-organisasi untuk membawa perusahaan kedalam penyesuaian kebijaksanaan keamanan lebih cepat.

Studi Kasus :

Conde Nast Publications

Memperkenalkan Conde Nast Publications

Conde Nast adalah sebuah penerbit tingkat dunia yang menerbitkan majalah-majalah bergengsi seperti Vouge, Elle dan GQ. Sebagai media konglomerat. Conde Nast berurusan dengan semua jenis media elektronik, dari disket floppy, tape dan CD-ROMs. Mick Booth, kepala system dari Conde Nast, bertanggung jawab untuk melindungi kira-kira 600 desktop di kantor London. “ Tiga tahun lalu kami menginvestasikan pada sebuah solusi anti-virus desktop dan agak puas”, kata Mick, “tetapi bagaimanapun juga sangatlah jelas bahwa kami tidak dapat untuk terus menahan [catat:bertambah] e-mail-e-mail yang mengandung virus.”

“Cerita Horor” Conde Nast.

Apa yang dibutuhkan adalah sebuah kecelakaan kecil dengan tingkat infeksi rendah pada sekitar 20 Macs untuk membuat Mick menyadari bahwa solusi desktop sendiri tidak akan bisa memecahkan masalah. “Kami menghabiskan banyak waktu frustasi akan penurunan performa dari perkembangan Mac kami sebelum kami menyadari bahwa sebuah virus telah menginfeksi mesin itu”. Walaupun mendownload file signature desktop tebaru memecahkan masalah, sangatlah jelas bagi Mick bahwa solusi lainnya harus ditemukan.

Keuntungan dari SkyScan AV

“MessageLabs memiliki solusi anti-virus email yang paling efektif, sebuah pemesanan mudah yang lebih murah ketika anda menghitung biaya pemeliharaan dari solusi anti-virus email lainnya.” Mick mengestimasikan bahwa Conde Nast menghindari biaya dari menyewa satu, atau tidak lebih, staff IT yang berdedikasi untuk mengurus sebuah solusi anti-virus e-mail in-house. Tetapi keuntungan terbesar bagi manajemen lingkungan bebas virus bahwa perusahaan telah memilikinya selama tiga tahun dan akan terus menggunakannya di masa depan. “ Ini adalah perasaan yang hebat untuk bisa berdiri didepan manajer senior dan berkata tidak ada virus yang datang atau pergi dari perusahaan kita dalam tiga tahun terakhir ini. Tetapi keuntungan terbesar bagi saya adalah sebagai manager IT, saya telah selesai menyingkirkan satu sumber resiko utama bagi perusahaan. Bahkan jika sebuah virus menyerang hal ini tidak akan membuat kita jatuh, rasa malu perusahaan untuk menyebarkan virus ke rekan-rekan penting akan sangat sulit dilakukan.” Keuntungan tambahannya mencakup manajemen nol sebagai aspek dari layanan SkyScan dan kemampuannya utnuk berperan sebagai sebuah alat peringatan dini untuk mail server.

ZUMA Flash Game